Serat adalah zat yang tidak dapat dicerna yang biasanya dapat ditemukan di bagian luar tanaman. Ini adalah jenis karbohidrat khusus yang tidak merusak nutrisinya. Hanya tumbuhan yang dapat menghasilkan serat, dan serat pada tumbuhan sebenarnya berfungsi sebagai rangka tumbuhan yang menyimpan unsur hara yang dibutuhkan.

Ini mengemas bagian tanaman yang bergizi, dan menyimpan organ yang kaya akan pati. Biasanya mengandung gula, vitamin dan mineral. Makanan Berserat Tinggi Agar Anda Tetap Sehat Asupan makanan berserat tinggi adalah cara yang bagus untuk mencegah berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, mengurangi kolesterol dan obesitas. Selain itu, juga membersihkan sistem kita terutama sistem pencernaan kita. Serat menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh kita, dan memiliki peran yang sangat penting dalam metabolisme.

Selanjutnya, biasanya dikenal sebagai serat makanan karena mempromosikan penurunan berat badan. Ini karena serat lebih sulit untuk dikunyah dan dicerna, sehingga memperlambat proses makan. Ada dua jenis serat makanan – serat larut dan serat tidak larut. Serat larut adalah polisakarida, karbohidrat yang memiliki tiga atau lebih molekul, dan membantu menurunkan Jual Flimty kadar kolesterol secara keseluruhan sementara serat tidak larut membantu menyeimbangkan keasaman usus dan menghilangkan racun dari usus besar melalui buang air besar secara teratur. Ada berbagai jenis makanan berserat tinggi yang membantu kita tetap sehat dan kuat, dan di bawah ini adalah daftar makanan yang memiliki serat makanan tinggi:

Makanan berserat tinggi di bawah kategori serat larut adalah sebagai berikut:

– Kacang-kacangan seperti kacang polong dan kedelai
– Akar sayuran seperti kentang, ubi jalar dan bawang merah
– Buah-buahan seperti apel, pisang, pir, prem dan beri
– Jus Buah seperti Jus Prune
– Serat Lendir seperti sekam psyllium penting untuk melindungi usus besar
– Barley, Chia dan Rye

Makanan berserat tinggi di bawah kategori serat tidak larut adalah sebagai berikut:

– Dedak Gandum
– Buah-buahan seperti stroberi, cranberry, jeruk, lemon dan jeruk bali
– Sayuran hijau seperti seledri, selada air, selada dan brocolli
– Kecambah seperti alfalfa, lobak dan bunga matahari
– Paprika, tomat, dan rempah segar

Dedak memiliki kandungan serat tertinggi dengan 25% sampai 45%. Daftar ini semuanya sehat dan memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita. Makan makanan berserat tinggi disertai dengan minum air putih adalah pembersih terbaik yang dibutuhkan tubuh kita. Seorang individu membutuhkan asupan harian yang direkomendasikan dari 30 hingga 40 gram makanan berserat tinggi. Hingga tahun 1970-an, makanan berserat tinggi dianggap sebagai penghambat nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Itu adalah TL Cleave, seorang dokter angkatan laut, yang berpendapat bahwa serat baik untuk tubuh kita. Hal itu didukung oleh Denis Burkin, seorang ahli bedah dari Afrika Timur, yang memberikan bukti bahwa orang-orang dari Afrika yang memiliki asupan serat lebih tinggi akhirnya tampak lebih sehat dan penyakit Barat jarang terjadi.

Saat ini, obesitas adalah masalah malnutrisi teratas yang biasanya dialami orang Amerika yang mengakibatkan penyakit jantung dan kanker. Dengan bantuan makanan bergizi ini, kita dapat mengatasi masalah ini dan memiliki pilihan gaya hidup yang lebih sehat. Jadi, pergi dan kumpulkan serat itu dan dalam waktu singkat Anda akan merasa sehat, terlihat sehat, dan sehat.

 

 

Apa Manfaat Makanan Berserat Tinggi

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *